Senin, 08 Juli 2013

Sekilas Tentang IKPM Sumatera Selatan Yogyakarta

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi indonesia yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera yang beribu kotakan Palembang. Beberapa ciri khas dari Sum-Sel diantaranya pernah berdirinya kerajaan  Sriwijaya, salah satu makanan khasnya pempek, serta jembatan Ampera dan sungai musinya. Di Yogyakarta sendiri terdapat IKPM dan asrama dari Sum-Sel, berikut liputannya:

Asrama Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Sumatera Selatan (IKPM Sum-Sel) atau biasa disebut “Balai Sriwijaya”, yang beralamat di Jl Bausasran DN 3 no 595 Yogyakarta merupakan sebuah rumah bagi mahasiswa yang berasal dari Sum-Sel yang sedang menjalani pendidikan perguruan tingginya di Yogyakarta. 
Asrama Mahasiswa ini diresmikan pada tahun 1969 oleh Gubernur Sum-Sel pada saat itu dan lokasinya sungguh strategis karena terletak ditengah kota Yogyakarta. Asrama Sum-Sel ini juga merupakan salah satu asrama yang termasuk dalam asrama anjungan nusantara Yogyakarta bersama tujuh asrama mahasiswa lain seperti asrama Riau, Bangka Belitung, Jawa Barat, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat yang diresmikan oleh Walikota Yogyakarta.

Struktur ke-organisasi-an IKPM Sum-Sel ini sendiri memiliki struktur kepengurusan didalamnya. Sebagai pelindung dipegang oleh Gubernur Sum-Sel bapak Ir H. Alex Noerdin SH dan Dewan Pembina  Organisasi dipegang oleh Prof. Dr. Edy Suandi Hamid M.Ec dan Drs. Safarudin Alwi, M.Si. Untuk kepengurusan diperiode tahun 2012-2014 dipercayakan kepada Agus Syahputra sebagai ketua umum IKPM Sum-sel  yang sedang mengenyam pendidikan program sarjananya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Selanjutnya di posisi Wakil Ketua diduduki oleh Sohibul Kahfi dan diposisi Sekertaris Jenderal di jabat oleh Gina Faleri Effendi mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta serta Bendahara dipegang Ida mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Selain kepengurusan inti terdapat juga kepengurusan lainnya seperti Departemen pemberdayaan sumber daya manusia, Departemen pendidikan dan kaderisasi, Departemen media dan jaringan, Departemen keagamaan, Departmen Pemberdayaan Perempuan, Departemen Kewirausahaan, dan Departemen pemberdayan perempuan.

Asrama mahasiswa ini memiliki berbagai fasilitas mulai dari dapur, kamar mandi, kamar tidur yang nyaman, ruang tamu, ruang kelurga yang biasanya digunakan untuk menonton televisi, ruang diskusi, lapangan olahraga, tempat parkir, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mahasiswa secara umum.
 
Ruang Tamu Nampak Foto Gubernur & Wakil Gubernur
Pakaian Adat dan Media Promosi Kebudayaan SUMSEL



 Ada banyak kegiatan  rutin yang diadakan IKPM Sum-Sel. Salah satu kegiatannya dalah bermain futsal, badminton, dan pencak silat. Selain itu terdapat kegiatan  keagamaan seperti pengajian yang biasanya dilakukan setiap hari kamis ba’da isya serta kegiatan-kegiatan lain yang dapat merekatkan kebersamaan dan kekeluargaan antar anggota”.  
 
Di akhir pekan penghuni asrama biasanya melakukan kerja bakti. Para penghuni bergotong royong untuk membersihkan lingkungan asrama, kamar tidur, lapangan olahraga, gudang, kamar mandi, dsb. Untuk kegiatan eksternal sendiri pengurus  mengadakan kegiatan-kegiatan seperti seminar, pelatihan, diskusi, pentas seni budaya , sosialisasi dan lain sebagainya.
Sport Centre Balai Sriwijaya

Membatik Bersam Warga
Oleh : Faleri Effendi (Sekjend IKPM Sumsel 2013-2014)

0 komentar:

Posting Komentar